tukang gigi jateng jawa tengah - jfc - perbaikan gigi di jateng - foto perbaikan gigi - komposite - restorasi mahkota gigi - gigi palsu lepas pasang - gigi tiruan - behel merapikan gigi - foto sebelum dan sesudah perbaikan gigi tonggos - gigi gingsul setelah di behel - gigi gigi berlubang - cara mengatasi gigi keropos berlubang dan hitam - foto gigi perawatan dengan behel - behel gigi sebelum dan setelah perbaikan - foto gigi sebelum dan sesudah perbaikan - perbaikan gigi - merapikan gigi, etc
S.A.S - AHLI GIGI PATI, Jateng
Home » » Penyebab Gigi Keropos! Must Read

Penyebab Gigi Keropos! Must Read

CATATAN!!! Isi Postingan dengan Judul "Penyebab Gigi Keropos! Must Read" Hanya hasil "Kerja" (karya) dari TUKANG GIGI / AHLI GIGI yang Notabenenya masih jauh dari (Kata dan Hasil.red) Yang Diharapkan! Jika ingin hasil yang lebih baik, indah dan lebih sempurna, tentunya S.a.s lebih menyarankan untuk mengunjungi Dokter Spesialis Gigi terdekat di kawasan masing masing :)
Call/Sms/Whatsapp : 082324000040
Bbm : DA96559C

Follow Me :)
Instagram @ach.sodiqs
Fb @Ahli Gigi Pati

Gigi rapuh dan keropos selalu dikaitkan dengan keadaan gigi yang mudah berlubang (karies). 


Proses terjadinya karies adalah akibat adanya ketidakseimbangan proses pelepasan mineral (demineralisasi) dari gigi dengan pengembalian mineral ke dalam gigi (remineralisasi). Penyebabnya antara lain:

  1. Akumulasi dan melekatnya plak (sisa makanan) pada gigi
  2. Frekuensi konsumsi karbohidrat yang sering
  3. Sedikitnya jumlah faktor protektif alami seperti pelikel, saliva, dan plak yang bebas dari bakteri asidogenik (good plaque)
  4. Sedikitnya asupan fluor


Adanya hubungan sebab-akibat terjadinya karies, diidentifikasi sebagai faktor risiko karies. Beberapa faktor yang dianggap sebagai faktor karies adalah:

1.    Pengalaman karies
Penelitian epidemiologis telah membuktikan adanya hubungan antara pengalaman karies dengan perkembangan karies di masa mendatang. Sensitivitas parameter ini hampir mencapai 60%. 

2.    Penggunaan fluor
Pemberian fluor yang teratur baik secara sistemik (konsumsi langsung) maupun lokal (misalnya pasta gigi, gel, dan obat kumur) merupakan hal yang penting diperhatikan dalam mengurangi terjadinya karies karena dapat meningkatkan remineralisasi. Namun demikian, jumlah kandungan fluor dalam air minum dan makanan harus diperhitungkan, karena pemasukan fluor yang berlebihan dapat menyebabkan fluorosis (gigi dengan bercak putih). 

3.    Kebersihan mulut
Insidensi karies dapat dikurangi dengan melakukan penyingkiran plak secara mekanis dari permukaan gigi, namun banyak pasien tidak melakukannya secara efektif. Peningkatan kebersihan mulut dapat dilakukan dengan menggunakan benang gigi, yang dikombinasi dengan pemeriksaan gigi secara teratur. Pemeriksaan gigi rutin ini dapat membantu mendeteksi dan memonitor masalah gigi yang berpotensi menjadi karies.

4.    Jumlah bakteri
Segera setelah lahir akan terbentuk ekosistem rongga mulut yang terdiri atas berbagai jenis bakteri. Kolonisasi bakteri di dalam mulut disebabkan transmisi antar manusia, yang paling banyak dari ibu atau ayah. 

5.    Air liur
Selain mempunyai efek penetral asam, air liur juga berguna untuk membersihkan sisa-sisa makanan di dalam mulut. Pada individu yang berkurang fungsi salivanya, maka aktivitas karies akan meningkat secara signifikan.

6.    Pola makan
Pengaruh pola makan dalam proses karies biasanya lebih bersifat lokal daripada sistemik, terutama dalam hal frekuensi mengonsumsi makanan. Setiap kali seseorang mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung karbohidrat, maka beberapa bakteri penyebab karies di rongga mulut akan mulai memproduksi asam sehingga terjadi pelepasan mineral dari gigi yang berlangsung selama 20-30 menit setelah makan. 
Setelah membaca keterangan saya di atas, sekarang anda bisa memperkirakan faktor apa saja yang menjadi penyebab terjadinya gigi rapuh dan keropos pada mulut anda. Memang hanya sedikit persentase pengaruh dari faktor keturunan, namun penyebab lain yang dominan masih banyak lagi. 

Oleh karena itu, untuk mengatasi atau mencegah terjadinya gigi rapuh dan keropos anda dapat melakukan hal-hal sebagai berikut:

1.    Kontrol plak
Melalui penyikatan gigi dua kali sehari dengan pasta gigi berfluoride. Pertama kali dilakukan di pagi hari. Penyikatan gigi yang kedua dilakukan sebelum tidur di malam hari, karena pada saat tidur aliran air liur terhenti atau berkurang sehingga tidak tersedia kemampuan penetral dari air liur. Sehingga dengan tidak adanya plak, fluoride akan semakin efektif  pada struktur gigi dan berkurangnya air liur tidak akan beresiko. Sebagai pembersih tambahan, dapat menggunakan dental floss (benang gigi).

2.    Pemberian fluoride
Fluoride yang terdapat di dalam pasta gigi, terkadang belum cukup untuk memenuhi kebutuhan fluoride bagi rongga mulut. Oleh karena itu, perlu asupan fluoride tambahan yang dapat diperoleh melalui gel, larutan, obat kumur, dan varnish. Anda dapat mengkonsultasikan hal ini kepada Dokter Gigi.

3.    Modifikasi pola makan
Pengaturan frekuensi makan, dapat mempengaruhi proses terjadinya karies. Makanan yang mengandung karbohidrat (misalnya keripik kentang, camilan manis) dan asam (misalnya minuman berenergi dan jus buah) memerlukan waktu yang lebih lama untuk dapat bersih dari mulut, sehingga selama waktu tersebut pecahan karbohidrat dapat dihidrolisis menjadi gula sederhana, yang akan memberikan sumber makanan bagi  bakteri asidogenik di dalam mulut.

4.    Melakukan penambalan pada gigi yang sudah berlubang
Bahan tambal yang digunakan untuk penambalan gigi berlubang, dapat berbeda-beda untuk setiap kasus. Konsultasikan langsung kepada Dokter Gigi anda.

Sumber Artikel : (drg. Citra Kusumasari, SpKG)
Sumber Gambar : http://ahli-pasang-gigi.blogspot.com
SEKALI LAGI...!!! Untuk Hasil yang Lebih Maksimal, Lebih Indah dan Lebih Sempurna. Silahkan kunjungi dan konsultasikan langsung dengan Dokter Spesialis Gigi Terdekat. (S.A.S)

Koleksi Foto Foto Gigi Info and Tips Yang Lain Versi Ahli Gigi S.A.S :


TAGS : Contoh gambar gigi setelah di Info and Tips, Biaya perbaikan gigi dengan Info and Tips di Pati, Harga Info and Tips gigi di Pati,Tempat Info and Tips Gigi di Pati, Contoh Info and Tips di Pati, Lokasi Info and Tips di Pati, Cara Info and Tips,Perbaikan gigi Info and Tips murah, Contoh foto gigi setelah di Info and Tips ,Penyebab Gigi Keropos! Must Read gigi, foto Info and Tips, trend Info and Tips, gigi murah, ahli gigi indonesia, Harga di ahli gigi pati, Tempat gigi kawasan pati, Ahli Info and Tips gigi, Spesialis Info and Tips gigi pati, SAS ahli Info and Tips gigi pati, Lokasi Info and Tips pati, merapikan, kecantikan gigi, contoh gigi cantik, ahli gigi pati, tukang gigi indonesia, perbaikan Info and Tips, gigi Info and Tips gratis, dahsyat, gigi kelinci, behel Info and Tips, foto perbaikan gigi terbaru, gigi cantik, estetika gigi, gigi Info and Tips, pati banget, ahli gigi sas, ?intitle:index.of? Info and Tips kondisi gigi, contoh hasil perbaikan gigi cantik, veneer gigi, contoh gigi, teeth, lyrics, gambar gigi Info and Tips, free, pati Info and Tips, album gigi, download gambar gigi Info and Tips Info and Tips full album tentang gigi, foto gigi terbaru, daftar harga perbaikan pasang gigi 2016, kasus gigi, solusi gigi, hasil , foto gigi indonesia new, dental gigi Info and Tips, daftar harga, gigi gigi, tukang gigi dental indonesia terbaru, gigi estetika cantik, cara Info and Tips gratis, perbaikan merapikan gigi, foto perbaikan gigi, foto gigi terpopuler, trend gigi, index of ahli tukang gigi kab. pati jawa tengah, ahli tukang gigi kab. pati jawa tengah,
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

kritik, saran dan pertanyaan lain nya bisa ke :
Call/sms/whatsapp : 082324000040 atau
Chat Via Bbm : DA96559C

FOLLOW ME :
Fb : ahli gigi pati
Ig : ach.sodiq
Line : ach.sodiq

 
Support : Ahli Gigi PAti, Jateng | Ahli Gigi Jember | Ahli Gigi Riau
Copyright © 2013. S.A.S Jateng - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger